Daisypath Anniversary tickers Lilypie Breastfeeding tickers

wah...sudah 30 minggu

>> Friday, October 30, 2009


tidak terasa kehamilan saya sudah 30 minggu. perut sudah sebesar bola sepak (mungkin gedean punya saya :smile:). semakin sering mengeluh di bagian punggung nih, apalagi kalu sedang bekerja, harus sedia bantal untuk menyangga punggung. itupun kadang masih gampang ngeluh, jadinya sering jalan-jalan di sekitar ruangan biar gak kerasa sakitnya. juga semakin sering ke kamar mandi, dikit-dikit kebelet. yah bukan ibu hamil namanya kalo gak repot.

rencananya besok mau periksa rutin ke dokter. tapi agak repot juga si, suami saya masuk kerja dapet shift siang. jadinya insya allah minta anter mama ato temen kerja (walo lebih sreg ditemenin suami, but that's okay).

karena usia kehamilan saya yang sudah 30 minggu ini, alhamdulillah berat badan naik 10 kilo sejak awal hamil :terbahak:. suami kadang masih mesem-mesem sendiri ngeliat perubahan tubuh saya (karena ini bisa berarti banyak..haha). dan barusan saya iseng-iseng ber-googling ria, dan dapet artikel tentang perkembangan di usia kehamilan 30 minggu ini.

Berapa Besar Bayi Anda?

Pada saat ini, berat bayi anda sekitar 3 pon (1,35 kg). Panjang dari kepala ke bokong sedikit lebih dari 10,8 inci (27 cm), dan panjang total 17 inci (38 cm).

Berapa Besar Anda?
Pengukuran dari pusar anda, rahim anda sekitar 4 inci (10 cm) di atasnya. Dari simfisis pubis, bagian atas rahim anda sekitar 12 inci (30 cm).

Sulit dipercaya anda tinggal 10 minggu lagi! Anda mungkin merasa seperti anda pergi keluar kamar saat rahim anda bertumbuh di bawah tulang dada anda. Akan tetapi, janin anda, placenta, dan rahim, bersama dengan cairan amniotik, akan terus bertambah besar.

Rata-rata penambahan berat badan selama kehamilan yaitu 25 sampai 35 pon (11,4 sampai 15,9 kg). Sekitar setengah dari berat ini dipusatkan pada pertumbuhan rahim, bayi dan placenta, dan volume cairan amniotik. Pertumbuhan ini kebanyakan terjadi di depan perut dan dalam pelvis anda, yang dapat diperhatikan oleh anda. Anda mungkin mengalami peningkatan ketidaknyamanan dalam pelvis dan perut anda saat kehamilan berlanjut. Pada saat ini, anda bertambah sekitar satu pon setiap minggu.


Sulit dipercaya anda tinggal 10 minggu lagi!




Tip untuk Minggu 30

Posisi tubuh yang baik dapat mengurangi tekanan punggung bagian belakang dan mengurangi beberapa sakit punggung. Mempertahankan posisi tubuh yang baik membutuhkan usaha, tapi berguna untuk mengurangi rasa sakit anda.





dan ada juga tips buat ayah :


Tip buat Ayah

Sekarang waktunya untuk memikirkan perubahan jadual kerja anda sehingga anda dapat berada di rumah lebih bnayak selama bagian kehamilan terakhir dan setelah bayi anda lahir. Hampir semua orangtua berharap mereka dapat meluangkan waktu lebih banyak di rumah. Jika anda sering bepergian, anda perlu merubah jadual anda sehingga anda dapat di rumah pada bagian terakhir dari kehamilan. Bayi lahir dengan jadualnya sendiri. Jika anda ingin hadir saat persalinan, rencanakan dulu!





wah kira-kira dalemnya perut saya yang makin seksi ini kayak gitu..hihi..lucu juga :hehehe:




:lope: sangat sudah tidak sabar untuk menanti kedatangannya :lope:

0 comments:

Post a Comment

silahkan berkomentar...

our little family

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP