Daisypath Anniversary tickers Lilypie Breastfeeding tickers

heartburn

>> Sunday, November 01, 2009


tak terasa udah memasuki bulan November, semakin nambah harinya semakin dekat tanggal kelahiran bayi saya yang pertama ini. :bigsmile:
saya mau nyeritain pengalaman saya kemaren. karena hari jumat lalu vitamin dan obat dari dokter adalah yang terahir, jadinya sabtu kemaren adalah waktu kunjungan rutin ke dokter lagi. sebenernya gak ada yang dikeluhkan dalam hampir sebulan ini. saya malah mau nanya, apa kelebihan berat badan (berat bayi) yang terjadi bulan lalu sudah normal, secara saya udah ngurangin makan manis-manis dan stop es (tortured :verysad:).
dan jumat malam, gak ada angin gak ada hujan kok mulai dari dada sampe tenggorokan jadi kayak kebakar, panas banget. biasanya kalo sakit saya ahlinya bersikap santai, gak menganggap sakit itu siksaan. saya buat merem kok makin menjadi, dan malah gak bisa tidur. mau bangunin suami, gak tega, sebelumnya dia udah kurang tidur beberapa hari ini (lagian sulit juga dibangunin). jadilah saya miring kiri miring kanan tiap 5 menit, nyari posisi yang enak buat tidur. tapi tak ada hasil, malah kepala saya jadi pusing banget kayak orang sakit gigi.

sambil nahan-nahan ketidakenakan itu, saya googling deh, dengan kata kunci amburadul (intinya panas di dada waktu hamil.. haha *gak bisa mikir yang lain*). hasil pertama langsung saya buka, katanya itu tanda-tanda heartburn. iyak sodara-sodara, saya sama sekali gak tau apa itu, yang saya tau itu adalah judul lagu penyanyi favorit saya, Alicia Keys. waktu baca seluruh artikel, itu dusebabkan asam lambung yang naik bla bla yang menyebabkan dada sampe tenggorokan seperti terbakar.dan lagi, ditambah dengan pundak sampe tangan rasanya kayak flu (apa ya istilahnya, pokoknya sakit dan panas rasanya di dalem tulang itu).

jadi dari jam 12 malem sampe subuh sama sekali gak bisa merem, mau nangis nanti suami saya bangun, dan itu bakal mengganggu dia banget. jadi semalaman itu kesakitan dan bolak balik masuk kamar mandi (baca : mencret). akhirnya mama saya bangun subuhnya. jadilah saya curhat ke dia. mama malah mikirnya saya masuk angin, tapi kan hawanya lagi sumuk-sumuknya tuh, jadi gak mungkin kalo masuk angin. terus dia juga bilang "ah, mungkin kebanyakan mangga, kamu kemaren makan berapa?" "tiga", "walah, mesti aja jadinya kayak gitu, ya wes dibuat jalan-jalan pagi aja, nggak usah jauh-jauh didepan rumah bolak balik gitu". saya turutin deh, mumpung jalan masih setengah gelap dan cuman ada ibu-ibu yang sibuk buang sampah. kira-kira 15 menit abis jalan-jalan, kok perut saya rasanya gak enak. buru-buru lari ke wastafel, dan sepersekian detik kemudian muntahlah saya sejadi-jadinya (mangga yang enak namun membawa luka itu berhamburan keluar). parah deh, sama sekali gak enak muntah itu, tapi setelahnya agak legaan dikit.

tapi sampe sabtu pagi itu masih belum juga bisa tidur. gak bisa tidur itu maksudnya bukan nggak ngantuk. ngantuk banget malah, cuman tiap kali dipake berbaring, langsung kesakitan, dan saya gak bisa tidur sambil duduk. suami yang harus pagi-pagi kerja cuman bilang, "jaga makannya tuh, udah jangan masuk kerja dulu, periksain ke dokter terus istirahat". karena dia gak bisa nganter ke dokter, mama sudah siap jam 8 pagi buat anter saya.

sampe di dokter (ngantri banyak banget), sakitku udah mendingan, tinggal lemesnya aja. akhirnya sama dokter disaranin usg. "kan kamu banyak banget keluhannya, jadi tak periksa aja bayinya juga". saya pasrah deh, dia tempel-tempelin stetoskop di atas perut ama di dada. "hmmm, oke oke, denyut jantung normal kok...ehmmm kamu kebanyakan makan mangga ya?" mama langsung nyaut dengan semangatnya "iya tuh dok, sampe abis 3 biji dalam sehari' sepertinya mama berharap aku dinasehatin dokter gara-gara makan mangga itu, tapi "yo gapapa mangga banyak, mumpung hamil minta aja semuanya". deg-degan waktu di usg, kena dampaknya gak ya bayi kecilku :verysad:, dan hasilnya :

  • secara keseluruhan bayinya oke :fiuh:
  • kepala, lingkar perut, jantung, tulang paha, juga oke (dapet bonus lambaian tangan dari bayi kecilku :terbahak:)
  • ama dokter diliatin seluruh tubuhnya, dari kepala sampe kaki, dan normal, alhamdulillah
  • bonus dari dokter, dikasi tau kalo bayiku insya Allah cewek (sebelumnya aku gak pernah mau kalo di usg dikasi tau gendernya, tapi pengen tau juga akhirnya, biar gak desperate2 amat nyariin nama)
  • bayi saya beratnya kira-kira 1,8 kg
dan hasil untuk ibunya yang abis kesakitan ini :
  • kebanyakan makan sebelumnya
  • mangga yang juga terlalu banyak
  • abis makan langsung tidur, dan itu dilarang karena saya gampang sakit maag
  • ternyata saya punya sakit maag dan bagi saya itu adalah aneh

petuah dari dokter intinya setelah makan jangan langsung tidur, kira-kira 3 jam kemudian baru boleh tidur biar asam lambung nggak naik, karen kalo sampe naik bakalan terjadi heartburn lagi. yang terpenting yang membuat saya lega, bayi saya normal dan sehat. terus waktu saya nanya kapan boleh ikut senam hamil, katanya bulan depan aja, biar lulus bareng-bareng ama teman sekelasnya. oke deh pak dokter, as you wish it.


alhamdulillah lega deh setelah diperiksa ama dokter. itulah anehnya, sakit apapun setelah dibawa ke dokter, setelahnya kayak seneng banget, kayak nggak bakal kena sakit itu lagi.hehe

akibatnya suami setelah mendengar cerita saya waktu ke dokter, makin gencar melarang makan yang aneh-aneh (baca : yang enak-enak, gula-gula dan es :hm?:). baiklah, saya akan nurut.






quote : november adalah bulan mulai nyicil perlengkapan bayi dan itu artinya belanja...horayyyyy

0 comments:

Post a Comment

silahkan berkomentar...

our little family

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP