Daisypath Anniversary tickers Lilypie Breastfeeding tickers

tentang menyusui dan diriku yang bakal menyusui

>> Thursday, November 26, 2009

sejak menginjak 7 bulan usia kehamilanku, udah banyak yang ngingetin aku buat ngerawat payudara. kalo nanti mo ngasi ASI eksklusif, harus rajin-rajin dirawat. tau kok aku hehe. tapi makasih udah ngingetin yah..

malah sejak usia 4 bulan, udah (walo gak sering) keluar cairan-cairan gitu di putingku. kata mama, bersihin aja dan dia bilang insya allah aku nanti bakal gampang banget ngeluarin ASInya. alhamdulillah kalo bener.Free Emoticons karena dari awal cita-citaku emang gak ngasi susu formula langsung.

suamiku yang cerewet tapi tersayang itu juga udah warning selalu. pokoknya usahain dikasi ASI, karena kandungannya gak bakal ada yang ngalahin, susu formula mah lewat..hehe siap bos Free Emoticons, lagian juga susu formula rencananya bakal cuman jadi tambahan aja , dan nanti kalo babyku udah umur 6 bulan keatas. jadi selama 0-6 bulan duit buat susu formulanya kan bisa buat yang lain (bayangin aja harga susu formula bayi sekarang...widiwFree Icons..ngeri deh).

tiap abis mandi aku selalu gak lupa melakukan perawatan sederhana sama payudaraku (nurutin kata dokter plus hasil browsing-browsing mbah google).

dan karna sekarang udah mo lahiran (kira-kira insya allah 6 minggu lagi), jadinya nanya ke dokter bakal seputar menyusui dan cara-caranya. kan kunjunganku ke dokter baru besok, jadinya beberapa hari ini sering banget browsing2 mbah google tentang cara menyusui, pokoknya yang berhubungan dengan menyusui.

banyak banget sih artikel yang aku dapetin dari nyari-nyari itu, cuman yang paling sederhana dan mengena itu ada satu artikel. dasarnya yang penting harus pede kalo kita bisa ngeluarin ASI, karena kalo masih enggan ato semacam itu, malah gak bakal keluar dan kasian nanti babyku. dan dari awal jangan dibiasain minum susu formula (inilah gunanya aku butuh cuti panjang Free Emoticons).

terus katanya walo nanti sesudah melahirkan, tapi air susu belum keluar (katanya baru 2-3 hari kemuadian keluarnya), harus tetep ditetek in. karena nanti yang keluar itu namanya kolostrum (kalo orang jaman dulu nggak ngerti, suka dibersihin nih kolostrum, padahal ini cairan penting banget buat si baby). dan baby itu bakal tahan nggak dikasi apa-apa sampe 2-3 harian. amazing kan keajaiban Allah SWT itu?Japanese Emoticons hehe

banyak keluargaku yang baru ngelahirin ngasi babynya susu formula dari umur 0. mereka beralasan, ASinya nggak keluar, ato putingnya masuk. mungkin mereka sebelumnya nggak pernah rajin ngerawat ya, jadinya gitu. aku mau ngasi saran, takute dianggep sok (anak belum nongol aja udah sok teu hihiFree Emoticons). jadi aku diem aja. tapi kasian kalo si baby tergantung gitu (katanya pernah keluar dikit, tapi bayinya gak mau netek). apalagi kalo dia dari keluarga pas-pasan. kalo susunya sampe telat, bisa berabe.


makanya aku udah prepare dari awal gini. dan juga kayaknya kalo netek langsung dari ibunya jadi berasa banget kan kedekatannya. hehe. aku orangnya dari dulu nggak suka ngerepotin orang sih (kecuali suamiku tercintah itu hihi), jadi kalo masih bisa usaha, ngapain ngrepotin orang.

ini nih artikel tentang langkah-langkah menyusui yang bakal aku contoh nantinya :


... Mengapa saya ambil topik ini, karena masih banyak saya temui ibu ibu yang tidak paham tentang cara menyusui yang baik dan benar sehingga manfaat dari ASI tidak sepenuhnya dirasakan oleh sang bayi. Berikut langkah langkah tersebut yang saya bagi menjadi 5 bagian :

1. Persiapan mental dan fisik. Ibu yang akan menyusui harus dalam keadaan tenang, tidak tergesa gesa atau takut dan malu payudaranya yang indah nongol ke permukaan. Tentu untuk memperoleh suasana ini, perlu dicari lokasi menyusui yang pas dan terjaga privasinya sehingga terhindar dari tontonan orang. Minum segelas air sebelum menyusui merupakan salah satu cara untuk membuat sang ibu merasa tenang. Hindari menyusui dalam keadaan haus dan lapar.

2 Persiapan tempat dan alat. Sebelum menyusui perlu dicari tempat duduk/kursi yang nyaman dengan sandaran punggung dan tangan serta bantalan untuk menopang tangan yang menggendong bayi. Capek khan kalau tangan terus terusan menyangga bayi dengan tidak nyaman, yang ujung ujungnya mempersingkat waktu menyusui.

3. Sebelum menggendong bayi, tangan dicuci sampai benar benar bersih untuk menghindari ASI terkontaminasi oleh kuman. Lalu sebelum menyusui, tekan daerah sekitar puting susu diantara telunjuk dan ibu jari sehingga keluar 2 – 3 tetes ASI, kemudian oleskan ke seluruh bagian puting susu. Cara menyusui yang baik adalah bila ibu melepaskan kedua payudaranya dari pemakaian BH.

4. Susukan bayi sesuai dengan kebutuhan, jangan dijadual. Biasanya kebutuhan terpenuhi dengan menyusui tiap 2 – 3 jam. Setiap menyusui, lakukan pada kedua payudara secara bergantian masing masing selama kurang lebih 10 menit. Mulai selalu dengan payudara sisi yang terakhir disusui sebelumnya. Periksa ASI sampai payudara terasa kosong.

5. Setelah selesai, oleskan ASI seperti awal menyusui dan biarkan kering oleh udara sebelum memakai BH untuk mencegah lecet. Hal ini dapat dilakukan sambil menyangga bayi agar bersendawa. Menyendawakan bayi setelah menyusui harus selalu dilakukan untuk mengeluarkan udara dari lambung supaya bayi tidak muntah.

Mudah bukan? ...


source : http://www.blogdokter.net/2007/07/13/5-langkah-menyusui-yang-baik-dan-benar/


Japanese Emoticonsjadi moms to be, mari kita galakkan ASI eksklusip...yeah!Japanese Emoticons

4 comments:

t.e.3.k.4 26 November 2009 at 16:15  

wah bntar lagi yah lahirannya...

aku udah 7bln tp blm kluar aja nih, tp kt ibu d liat dr bntuknya kayany asi aku bisa kluar..amiin moga2 aja lancar

sintia palumbo 26 November 2009 at 16:35  

iyah aku keluar juga gak banyak kok.. cuman setetes dua tetes, yang rajin dirawat aja..dan yang penting pede say..hehe

Feby,  30 November 2009 at 15:32  

Selamat ya...semoga ketika lahir diberi kelancaran dan keselamatan semuanya...Amin, ini ada usulan inspirasi ide nama bayi mudah2an bermanfaat http://www.melindahospital.com/melindahospital/modul/user/baby_name.php, salam.

sintia palumbo 1 December 2009 at 12:59  

@ feby : thx referensinya yah

Post a Comment

silahkan berkomentar...

our little family

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP