Daisypath Anniversary tickers Lilypie Breastfeeding tickers

story behind ngelahirin si ava

>> Monday, March 01, 2010

setelah lama gak update dikarenakan cuti hamil dan melahirkan, here i am. mau cerita2 tentang hari-hari cuti saya. hehe

pertama tentunya ya cerita babaran a.k.a giving birth baby ava. rasanya wow deh hehe. karena selama ini cuman baca ama diceritain rasanya ngelahirin itu kayak gimana.tapi setelah dilalui sendiri, ya gitu deh (masih speechless).

1-3 Januari 2010 :
dimulainya cutiku (yang akan berlangsung selama 2 bulan). sebelumnya malem tahun baru itu masih jalan-jalan ama dompe. aku pikir udah gak bakal kuat kemana-mana dengan perut sebesar gentong itu. tapi masih kuat ternyata, jadi oke aja diajakin jalan-jalan. gak yang "ngerayain tahun baru" banget sih. tapi mama ama papaku udah takut aja ngeliat aku masih mblakrak gitu. eh tanggal 1 masih ujan-ujanan kerumah temennya dompe. temennya ini pindahan kerumah baru, jadi kita pengen liat-liat mumpung gak begitu jauh jaraknya dari rumah. tapi karena waktu itu beberapa hari udah keguyur ujan terus, siang hari ya pasti ujan. kita tetep nekat aja ujan-ujanan (si dompe ngeliatin aku kayak kasihan gitu, padahal aku masih oke-oke aja tuh hihi). nah abis kejadian keujanan itu, dompe udah gak ngebolehin aku keluar-keluar sampe lahiran. aku sih manggut-manggut aja.
tapi waktu itu kan tanggal muda, waktunya belanja bulanan, jadilah dompe dengan setengah hati nganterin aku belanja. walo orang sekitar udah pada bingung takut aku kontraksi, ibu hamil ini masih cuek-cuek aja, karena masih ngerasa kuat melakukan apa aja hehe. eh tanggal 3 si dompe mo ke aserehe (kantornya). karena gak biasa lama-lama dirumah, aku pasang tampang wajah melas aja.
si dompe langsung bilang "hayo hayo dikit-dikit ikut, dikit-dikit ikut". aku senyum2 aja, ngeliat aku kasihan mungkin ya, jadilah aku ikut dompe. plus jalan-jalan nyari dvd. ini agak kumat nyari filmnya. karne buat persediaan kalo mati gaya nanti dirumah.

oiya, ini peutku masih nggak ngerasain apa-apa. lempeng aja, ya kaku-kaku dikit. tapi nggak sakit banget


4 Januari 2010 :

dimulainya karantinaku. kali ini orang rumah bener-bener ngamuk kalo aku pingin keluar-keluar. sampe tetanggaku heran kok gak lahir-lahir ya. waktu itu masuk minggu 40 emang.

5 Januari 2010 pagi sampe jam 9 malem :

ibu mertua tercinta dateng dari surabaya, dia berencana nginep beberapa minggu dirumah buat nemenin aku. khususnya nemenin di ruang bersalin ya, soalnya keluargaku ama suamiku gak berani nemenin aku ngeden. cemen deh. ibu mertua bikin bakso banyak banget. karena dia emang tukang masak handal, seharian itu aku ngemil apa aja yang ibu mertuaku bawain dari surabaya. gak ada setengah jam terlewat dengan nggak makan. jadi tiap kali aku ngapain, selalu mulut ini penuh dengan makanan.
perutku gak ngerasa apa-apa sama sekali, anteng. agak khawatir emang, tapi masih wajar.

5 Januari 2010 pukul 21.30 :

kebelet pup, puplah aku. tapi dari setengah 10 sampe setengah 11 itu kok kebelet terus. aku mikirnya, kebanyakan makan nih. masuk kamar mandi same lebih dari 5 kali. tiga terahir itu cuman mules-mules hebat , nggak pup. aku hampir nangis di kamar mandi. saat itulah aku mikir, it is time. tapi masih ragu mo ke rs. malu kalo ternyata cuman gara-gara kebanyakan makan (udah pernah pengalaman ngeluh2 ke dokter, eh ternyata cuman kebanyakan makan). terus sambil masih nahan sakit (sakitnya nggak aku tunjukin si dompe ato masku, si dompe malah nyuruh bikinin kopi. tapi pas di dapur udah gak kuat aku, gaya-gaya nungging deh sambil nahan sakit

akhirnya dompe ama masku ngeliat, "kita ke rs aja ya?" aku masih jawab, jangan dulu. aku itung dulu deh kontraksinya. waktu itu jam setengah 11 malem. waktu aku ngitung, kontraksi udah 5menit sekali. akhirnya aku manggut-manggut minta berangkat ke rs. masku ngebangunin mama di atas. dia bilang " ma, adik itu lo. kok bolak balik ke kamar mandi ya, sampe mandi keringet tuh". si mama bilang, "oke ayo kita ke rs, sintia berangkat dulu aja, barang-barangnya aku bawain. mama siap-siap dulu."

aku cuman berbekal dompet ama handphone (semuanya aku titipin dompe). sambil meringis, ibu mertuaku megangin aku aja sambil komat kamit berdoa. aku cuman bisa istighfar aja. mau teriak malu.

sampe rs (untung udah pup, pipis ama mandi sore), langsung disuruh baring. karena aku minta bidan yang nolong, jadi gak perlu nunggu lama aku udah dicek.

jam 11.15 :

"owh, udah bukaan 5 nih mbak." sambil ngeliat jam, "gak sampe jam 3 nanti udah lahir nih, enak kan."
aku cengir cengir aja, bismillah jangan sampe kesakitan lama. kata bidannya (namanya christina, inget soalnya utang budi ama dia), "nanti jam setengah 2 saya cek lagi kalo-kalo bukaannya nambah".
kontraksiku sendiri udah sering banget. jeda nya cuman setengah menit deh. aku udah disuruh di tempat tidur aja sambil miring kiri.waktu itu ada 4 bidan yang nanganin. aku sambil tarik napas ama nahan biar gak ngeden , ditanya-tanya udah pernah minum ini itu, mo masuk kamar berapa bla bla. kontras banget, aku ngos-ngosan gini eh bidannya santeeeee banget.
karena yang boleh masuk ke ruang bersalin cuman seorang, jadi keluarga giliran menyemangati aku. si dompe masang wajah paling tegar , takut aku down kali ya. alhamdulillah aku kuat sih, gak ngeluh sama sekali (kecuali kesakitan ya). cukup lama sih si dompe nemenin begitu ngeliat aku seluruh badan pucet, dia keluar deh. menurut ceritanya dia cuman nunduk diluar kayak desperate househusband gitu hehe.


6 Januari 2010 00.30 :

karena sakit makin menjadi (aku bolak balik protes ke susternya "aku miring kanan ya (gak boleh ), aku gak boleh ngeden nih sus, aku ini nggak ngeden, bokongku ngeden sendiri nih" sambil agak sewot, soalnya mo nangis gak bisa, jadi cuman bisa judes aja deh buat nutupin kesakitannya), si bidan akhirnya meriksa aku. "hmm...udah bukaan 9 nih, dikittt lagi ya mbak, tahan, jangan ngeden dulu, tak siap-siap dulu". lamanyaaaa, dan sampe bukaan 9 itu belum pecah juga air ketubanku. tapi pas bokongku tiba-tiba ngeden sendiri (disini biasanya aku teriak gak jelas), eh keluarlah si air ketubanku, plus pipis hehe. setelah itu, aku kesakitan, kesakitan paling sakit diantara sakit-sakit yang udah tadi. "sus, ini sakit banget sus" kata suster "bentar lagi ya, tahan dulu" aku teriak aja " tapi ini paling sakit ama yang tadi-tadi" si bidan akhirnya bilang "oh ya? sini saya cek..................oiya ini sudah waktunya"

dan 4 orang megangin aku, bidan yang menginstruksikan megangin kaki kananku (bukan megang ya, megang plus narik kakiku lebar banget. "kalo pas kontraksi aja ngedennya ya, kalo gak sakit diem aja dulu mbak"

6 Januari 2010 01.20 :

setelah ngeden 4 sesi, lahirlah si bayi mungil Ava Dasha Adore. dengan berat 2,8 kilo panjangnya 50cm. aku bersyukur banget bisa ngelahirin normal dan ngelahiran bayi yang sehat. waktu sesi ngeden ini, si dompe udah parno kok gak ada suaranya ya si sintia (emang gak boleh rame-rame ama bu bidan).


kesimpulan :

ngelahirin itu gak sakit, nunggu bukaan 10nya itu yang sakit (plus dijait ya, masya Allah, gak bakalan mau aku dijait-jait lagi kayak gitu).





4 comments:

teefa sinatriya hakim 1 March 2010 at 15:44  

selamet yaa...asik kan??hehe.
melahirin dimana kemaren?aku di melati husada jl.kawi,enak banget.yg masuk boleh rame2..

netta 1 March 2010 at 15:59  

waaa...slmt y sin...
akhirnya ada jg crt klahiran ava,termasuk cpt y proses nglahirinnya,
smg ava jd anak yg sholehah, amiin
slm kenal buat ava =D

deazy 1 March 2010 at 19:19  

sudah kukira tak ada postingan pasti cuti melahirkan...
selamat ya sin....sama2 selamat datang di dunia ibu & anak hehehe

aq jg baru lahiran 22 jan kemaren, cuma sc nih...

sintia palumbo 2 March 2010 at 09:45  

@ teefa : di erkazet, iya ni cuman satu orang yang boleh masuk soalnya di ruang bersalinnya buat 2 ibu, mungkin kalo lebih dari satu takut ganggu ibu yg lain kali hehe

@netta : makasih ya, iya cepet cuman 4 jam aja

@ deazy : gpp sc yang penting sehat, bundanya harus jaga kesehatan tuh , kan termasuk operasi besar ya... sip deh

Post a Comment

silahkan berkomentar...

our little family

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP