Daisypath Anniversary tickers Lilypie Breastfeeding tickers

about my weight gain

>> Saturday, December 05, 2009


kemaren rebo, waktu terakhir aku periksa kandungan. berat badanku waktu itu 59 kg. which means i gained 3,5kilos in a month and gained 14kilos in 8 months. rekor nih, esumur umur gak pernah naik berat badan segini. paling berat (selain sekarang), berat badanku pernah 50kilo waktu sma dulu. hehe

karena bidan dwi waktu itu bilang berat badanku naik dengan sukses, aku cuma ketawa-ketawa aja. berarti masih oke nih.

dan untuk meyakinkan diri sendiri, aku kemaren googling tentang berat badan idealnya ibu hamil nih. akhirnya nemu yang kira-kira cocok buat aku pajang disini :

Berat badan ibu cenderung naik saat hamil, namun menurut sebuah penelitian, bayi yang lahir dari ibu yang mengalami kenaikan berat badan melebihi normal, cenderung mengalami perkembangan yang negatif.Hal tersebut merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Amerika serikat.

Dr Naomi E. Stotland dari Universitas California, San Francisco, dan koleganya memeriksa hubungan antara berat badan ibu saat hamil dan berat badan bayi ketika lahir. Penelitian ini melibatkan 20.465 bayi yang lahir normal (9 bulan) dan bukan bayi kembar.


Institute of Medicine, Washington DC, AS memberikan tolak ukuran akan kenaikan berat badan ideal ibu selama kehamilan. Panduan tersebut memperlihatkan kenaikan normal berat badan ibu saat hamil yaitu antara 15,4 lbs (7 kg) sampai batas maksimal 39,6 lbs (18 kg). Dari penelitian tersebut, terlihat 43,3 persen perempuan mengalami kenaikan melebihi ukuran ideal ketika masa kehamilan dan ada 20,1 persen perempuan mengalami kenaikan kurang dari ukuran ideal pada masa kehamilan.

Berat badan pada ibu mempengaruhi besar kecilnya angka Apgar pada bayi, yaitu sebuah tes yang mengukur gerak refleks bayi segera setelah lahir. Semakin banyak pertambahan bobot tubuh ibu saat hamil, diketahui menyebabkan penurunan refleks bayi.

Padahal refleks merupakan mekanisme pertahanan bayi sejak lahir hingga minimal berusia 3 bulan, dari berbagai kejadian yang tidak biasa.





disitu bilang batas maksimalnya 18 kilo. waku udah naik 14 kilo (aku udah 8 bulan), sebulan lagi kira-kira bisa gak ya nggak sampe batas maksimal. aku takut gak kuat nanti di ruang bersalinnya. hehe, padahal aku harus optimis nih. nggak boleh cemen.

dan untuk itu aku mulai serius mengurangi makanan manis plus es (es krim khususnya), biar babyku nggak kegedean. walo itu pekerjaan susah banget, tapi akan kurem dulu sebulan ini. untuk diri sendiri plus untuk baby ADA. waaaahhhh, es teler mungil, es krim mungil, campina, black forest , brownies, kita berpisah dulu ya sebulan ini..huhu..haha lebay





Free Image Hosting by FreeImageHosting.net

0 comments:

Post a Comment

silahkan berkomentar...

our little family

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP