Daisypath Anniversary tickers Lilypie Breastfeeding tickers

senam hamil di usia hampir 36 minggu

>> Monday, December 14, 2009



pertama kali ikut senam hamil adalah rebo kemaren, di RS tempatku periksa emang ngadain senam hamil tiap rebo ama sabtu. karena sabtu masih kerja (senamnya pagi sih, cuman masih suka molor hehe), jdi ikutan yang rebo karena aku libur. lagian seminggu sekali katanya juga gapapa, gerakan2 senam hamilnya boleh diulang sendiri dirumah.

waktu itu cuman ada beberapa bumil yang ikutan. seingatku nggak nyampe 10 orang, tapi lebih enak gitu, kalo rame aku malah gak suka. karena aku bukan tipe ibu2 yang ceriwis dll itu, jadi lebih enak kalo murid senamnya cuman dikit. tanya2 ke suster juga lebih leluasa.

ikutan senam hamil disitu bener-bener murah. cuman bayar 5000 perak udah dapet sari kacang hijau, susu bear brand plus saputangan handuk. dan suster yang ngarahin senamnya juga suka guyon (emang harus gitu ya, harus blater ama bumil2).

bumil bumil yang lain rata2 umur kandungannya sama kayak aku. 8 bulanan mo nginjek 9 bulan. dengan variasi bentuk perut dan badan.kalo diliat2, ibu2 itu punya perawakan gede. jadi 8 bulan keliatannya nggak gede. kalo aku, dari awal emang kurus banget, jadi hamil udah segede ini, perutpun juga guede banget. faktor tinggi badan juga mempengaruhi. malah ada bumil yang masih muda banget, 20tahun. dan umur kadungannya udah 9 bulan. aku gak tau apa dia emang polos banget ya, bahasa indonesianya juga gak begitu fasih (waktu ditanya mamaku, dia orang indonesia timur). perkiraan lahirnya juga dia jawab seminggu lagi. dan yang paling mengagetkan, perutnya tuh kuecillll banget gak kayak sembilan bulan. dan bentuknya juga gak melorot. kalo aku liat yang lain (plus perutku sendiri), posisinya tuh udah kebawah banget, kayak ditarik molor gitu. punya bumil muda itu masih tegap di tengah perut. yah moga aja dia nanti ngelahirin dengan lancar dan sehat (maaf ya bukan maksud apa, tapi emang bobotnya kayak kurang deh -sok teu hehe-)


untuk senamnya sendiri sih gerakannya sama kayak yang aku liat ilustrasinya di internet. dan masih tetep dengan gerakan favoritku, nungging. hehe. benerlo, posisi ini enak banget apalagi kalo pas perut kita kaku. rasanya perut kita kayak "jatuh" dan jadinya enteng. plus keuntungan posisi ini adalah biar bayi kita nanti nggak sungsang. jadi dirumah sering banget ngulangin gerakan ini.

sebenernya gerakan ini bisa direalisasikan lewat ngepel jongkok ya. tapi sekarang aku sering males ngepel (mamaku selalu nyuruh sih, biar dia gak ngepel gitu). tapi aku pemalas jadinya kalo lagi mood aja. nah kalo mamku nyuruh ngepel dengan alasan biar bayinya gak sungsang, langsung aku jawab "kan bisa pake nungging aja walo gak ama ngepel..hehe"

gerakan yang masih belum aku peragain sih yang gerakan kalo di ruang bersalin. yang 2 kaki diangkat tinggi, tangan kita jadi penompangnya, terus dagu nempel didada. gerakan ngeden. bukan gak berani nyoba, masih aku coba dikit2 sih, nggak sering banget. takut tiba2 kontraksi. dan kalo suamiku tercinta si dompe itu liat, dia langsung ketawa. hmmm padahal nanti perjuanganku ya bakal kayak gini. apa dia masih ngetawain ya kalo udah di ruang bersalin. hihi



dan rabu besok aku mo ikutan lagi. lumayan bisa ketemu ama bumil2 dan cerita2 seputar hamil dan punya anak. dan rencananya setelah senam sih, mo diajakin suami ke temennya yang baik hati mo motretin aku (pregnancy photo begitu deh). dulu sih udah pernah, tapi momennya kurang pas plus aku saat itu belum mandi jadi hasilnya bisa dibilang bener2 kulitku seperti di tanning ..haha which is so horrible.

0 comments:

Post a Comment

silahkan berkomentar...

our little family

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP