Daisypath Anniversary tickers Lilypie Breastfeeding tickers

periksa ke bu bidan dwi

>> Thursday, December 03, 2009

kemaren hari rebo aku ama si dompe periksa baby A.D.A . seharusnya sih selasa, tapi karena si dompe lagi sibuk jadi gak bisa anter bisanya baru kemaren (karena aku lagi libur).

aku berangkat siang sekitar jam setengah 11 dari rumah (kalo mau yang malem, suka antri berlebihan plus si dompenya gak bisa). sampe sana dapet antrian nomer 30. dan waktu itu ternyata udah memasuki antrian no 25. alhamdulillah gak perlu antri lama2.

berat badanku jadi 59kg. hahay. karena dari awal hamil bbku 45kg. jadi naik 14 kg. dan tekanan darahku 120/60. yang katanya itu normal. sip deh. kemaren itu aku diperiksa ama ibu bidan dwi. aku ke bidan karena lebih kooperatif di rumah sakit aku periksa itu. lebih telaten dan penjelasannya lebih komplit tanpa kita harus menghafal apa-apa yang mau ditanyain entar. sampe kadang bu bidan njelasin yang aku pikir nanti-nanti aja deh tanyanya.

ibu bidan dwi orangnya udah setengah baya, tapi orangnya fit banget dan lincah, jadi semakin mangstab deh aku diperiksa sama beliau. setelah liat rekam medisku, ini nih secuil percakapanku ama dia :

bu bidan : wah berat badan naik dengan sangat baik ya (sumringah), doyan makan ya mbak?
aku : iya bu bidan, doyan apa aja sekarang hehe
bu bidan : tenang aja, emang harus gitu, naiknya berat badan kamu masih normal kok. terus kemaren (read : bulan lalu) waktu ama dokter bambang gimana? apa masih ngerasa dadanya panas?
aku : udah enggak kok, dikasi sirup ama dr bambang dan dua hari udah langsung sembuh
bu bidan : jadi sampe sekarang ada keluhan gak mbak?
aku : nggak ada bu, sehat banget. paling cuman capek2 aja kan aku juga masih kerja.
bu bidan : bagus , kalo gitu ayo berbaring, mbak nya kita periksa

kita? ternyata ada suster muda yang jadi asistennya. kupikir cuman satu . eh ternyata ada dua, cewek dan cowok. oh no, kebiasaan dari dulu selalu diperiksa ama dokter cowok tuh orangnya udah tuir , tapi ini kayak anak praktek gitu deh (kurang tau apa istilahnya), dan masih muda. bisa-bisa dibawahku jauh nih. eh tapi sebodo ya yang penting gak dipegang-pegang (first thought).

jadilah aku berbaring.
bu bidan : periksa mata dulu ya (mataku sambil di suruh ngelirik atas bawah)
suster cowok mulai komat kamit ngomong bahasa ilmiah yaang aku gak ngerti. sekilas aku denger, "katarak, tidak ada".."bla bla ...tidak ada "..."bla bla bla ...bagus"
bidan dwi pindah ke leherku. dia langsung bilang ke suster cowoknya "ngomong" dengan agak judes gitu. wedew. tapi waktu nyuruh aku dia selalu senyum. jadi aneh, tiap kali ke suster cowok, langsung berubah jutek, tiap kali menoleh ke aku, langsung baik ama mesem2. sip sip (aku jadi kepingin ketawa).

setelah itu payudaraku diperiksa. deengan entengnya suster cowok itu liat-liat (walo yang megang2 bu bidan sih). idiw. suster cowok komat kamit lagi deh. "bla blabla...ada" trs bu bidan akhirnya ngomong bahasa bumi ke aku
"udah keluar ya ASInya?" "dikit bu bidan", trs bidan dwi mencet dan keluar dikit. "bagus, nanti bakalan banyak nih mbak, tiap hari kalo iseng dipijit2 ya, trs dua kali seminggu dibershin putingnya. gak masalah deh". kayaknya bidan dwi seneng banget ngeliat aku (kayaknya) sehat dan perkembanganku sesuai dengan perikiraannya.

setelah itu perutku deh di uyek2 ama bidan dwi. karena gak di usg, dia ngelus2 (agak mencet) perutku. "hmmm..hmmm...posisinya sudah mapan nih, bagus mbak. punggung berada di sebelah kiri, kepala udah dibawah. bayinya berada dalam posisi sukses". wah aku mesem-mesem dalam hati seneng banget. alhamdulillah, baby ADA nggak rewel dan dia berkembang sesuai. sik asik.

trs beralih ke kulit perutku. bidan dwi bilang "wah ini mulus banget ya kulitnya, biasanya keliatan rekat rekat dikit di ibu hamil itu, ini ndak keliatan. dikasi minyak ya mbak?" "iya bu, minyak zaitun" "bagus". asek lagi lagi dipuji. (si suster cewek dan suster cowok sibuk nyatet dengan bahasa planet yang di omongin bu bidan ke mereka berdua).

dan selanjutnya bidan dwi dan si suster cowok mulai ngukur pinggulku. "ini mau saya ukur apa nanti mbak bisa ngelahirin dari bawah ato lewat opearasi" agak deg-degan juga sih, takut hasilnya gak bisa melahirkan normal. "ini cuma kira-kira, karena sebenernya baru ketahuan nanti kalo mbak sudah ada di ruang bersalin". terus badanku disuruh miring kiri miring kanan. selesai ngukur, bidannya nggak bilang apa-apa. kakiku mulai diperiksa juga. "nggak ada farises bla bla".

"mbak, udah disuntik tt selama hamil?" "belum bu bidan". dulu pernah disuruh ama dokter bambang. tapi masih belum kulaksanakan. "ya udah mbaknya saya suntik tt ya sekarang". aku pasrah aja deh. eh kupikir disuntik di tangan. tak taunya aku disuruh miring. adaw. sampe sekarang kalo duduk nggak dikasi aba-aba dulu, suka nyeri. haha

setelah sekian bulan dan tahun, selesailah aku di kasur pembaringan.hehe.
"mbak harus seneng nih, babynya sehat banget, denyut jantungnya oke, gagah deh , eh kmrn waktu usg cewek apa cowok?" aku jawab "cewek katanya" bu bidan "kalo gitu babynya cewek yang gagah"..hihi. " beratnya 2,1 kg mbak, normal kok"
"mbak, ini saya kasih rujukan, tes darah ama kadar gula ya. nanti biar saya tau mbaknya bisa kuat mengejan ato bakal banyak pendarahan apa nggak. mbaknya sebelum tes harus gini gini gini bla bla bla". aku nginget2 seluruh kata-kata bu bidan itu sambil sibuk sendiri nahan suntikan tadi.

"saya kasih vitamin sampe 2 minggu kedepan, mbaknya kesini lagi pagi ya, ikut senam hamil. dan di senam hamil nanti...bla bla bla"aku manggut-manggut. "aye aye captain".
sebenernya masih banyak wejangan yang dikasi, cuman bingung mau nulisnya hehe.

aku tanya " bu bidan, gimana pengukuran pinggul/pangul tadi ?" bidan dwi jawab "hmmm ukurannya cukup kok, saya perkirakan mbaknya bakal kuat mengejan nanti, makanya mbak tes dulu di lab, nanti kita lihat hasilnya, dan mbak saya suruh ikut senam hamil biar maksimal nanti kalo lahiran ". pdahal rencananya aku mau duluan yang nanya tentang senam hamil ini. bener-bener yahud deh bu bidan. lengkap kap. kayaknya kalo aku diem aja dan gak nanya apa2, dia udah menjelaskan semuanya sampe bingung ngafalin semuanya buat cerita ke si dompe entar (si dompe ngerokok di luar rs, dia pikir masih lama antrinya).itupun masih ditambahin wanti-wanti cuti melahirkan nanti. aku harus siap tanggal segini dan kebijakan dari tempat kerjaku harus jelas bla bla bla (bu bidan bilang gitu).

Ya Allah, aku bahagia banget, semua, aku dan babyku sehat. semuanya sesuai dengan keinginan dan cocok sesuai umur kandunganku. normal, gak kurang gak lebih. alhamdulillah terima kasih ya Allah. insya allah aku dan si dompe bakal menjaga titipanmu ini dengan sebaik-baiknya.



Free Image Hosting by FreeImageHosting.net

5 comments:

t.e.3.k.4 3 December 2009 at 15:43  

alhamdulillah, senengnya kalo tau si dede sehat2 aja...

ayo berjuang ^^

sintia palumbo 3 December 2009 at 16:31  

@tika : makasih makasih tika...muahhh hehe ^^

Nova Lumar 4 December 2009 at 11:33  

Alhamdulillah... dedenya sehat, bunda jg sehat wal afiat. Anugrah terbesar mba Sin, sy jd makin deg deg kan nunggu co atau ce nya hehe...

endahhh 4 December 2009 at 15:42  

Alhamdulillah.. Salam buat Baby ADA ya...

sintia palumbo 5 December 2009 at 12:08  

@nova : iya alhamdulillah va, hehe apalagi saya ..deg2annya dobel..hehe

@endahhh : thanks ya...nanti aku salamin..ini lagi sibuk goyang ngebor dia.hehe

Post a Comment

silahkan berkomentar...

our little family

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP